Rabu, 01 Februari 2012

stand up comedy !? OMFG !!

judulnya lebay banget deh yaa 
-__-"

oke, kali ini gue pengen cerita tentang pengalaman gue tentang stand up comedy, tapi sebelumnya gue pengen jelasin dulu apa itu stand up comedy. Komedi tunggal (padanan untuk stand-up comedy, atau disingkat komtung) merupakan sebuah format pertunjukan lawak yang memiliki sejumlah konvensi atau pakem tersendiri.


Dalam komedi, stand-up komedian menyampaikan humor secara cepat, lelucon pendek yang disebut "bit", dan satu-liners, yang merupakan apa yang biasanya disebut monolog, rutin atau bertindak. Beberapa stand-up komedian menggunakan alat peraga, musik atau trik sulap untuk meningkatkan tindakan mereka. Komedi stand-up sering dilakukan di komedi, bar klub, neo-burlesques, perguruan tinggi dan teater, tetapi tidak ada pembatasan yang nyata. Komedi stand-up juga dilakukan oleh pelawak profesional di luar tempat hiburan tradisional, seperti di klub negara, di acara-acara perusahaan dan konferensi, sebagai acara penggalangan dana amal, bahkan di kuil-kuil dan gereja.

Banyak tempat-tempat yang lebih kecil mengadakan "open mic", di mana setiap orang dapat tampil di atas panggung dan ditonton, menawarkan cara bagi pemain amatir untuk mengasah keterampilan mereka dan mungkin masuk ke profesionalisme.

Stand-up adalah sebuah bentuk seni yang terbuka ditujukan untuk mendapatkan tawa langsung dari penonton di atas segalanya, tidak seperti komedi teatrikal yang menciptakan komedi dalam struktur bermain dengan karakter lucu dan situasi. Dalam komedi stand-up, umpan balik dari penonton instan dan penting untuk bertindak pelawak itu. Audiens berharap stand-up komik untuk membuat mereka tertawa, dan pemain yang selalu di bawah tekanan besar untuk memberikannya. Tekanan ini dapat mendebarkan, tetapi juga mengancam. Aktor komedi Will Ferrell, telah disebut komedi stand-up "keras, kesepian, dan setan".

Stand Up Comedy memang lagi ngetrend sekarang, sampe-sampe di seluruh Indonesia itu sudah banyak bermunculan komunitas Stand Up comedy, dan salah satunya adalah StandUpIndoMKSR yang berdomisili di kota Makassar, kota di mana gue dibesarkan (walaupun badan gue gak besar2 -__-").

Jadi ceritanya gini nih, gue kemarin ikut gathnya StandUpIndoMKSR dan kebetulan disitu lagi uji materi, dan woalah.. otomatis gue open mic (walaupun sebenarnya gak pake mic sih) dan materi yang gue bawain itu asli hancur hamburadul, mungkin karena 2 alasan, yang pertama : Jokes gue garing, trus yang kedua: penontonnya kurang cerdas *PLAK*.


hmm, mumpung lagi bahas StandUpIndoMKSR, buat para penikmat komedi yang ada di Makassar silahkan join di sini atau bisa follow twitternya saja @StandUpIndoMKSR 


hhahaha promosi promosi =)) 

oke, mungkin itu doang yang pengen gue ceritain..

thanks for reading

@cacinksarapp



Tidak ada komentar: